Langsung ke konten utama

CERPEN



NOTE TERAKHIR
            Hari ini hari pertama masuk sekolah lagi, setelah libur panjang lebaran. Waw ga kerasa padahal menurut gue liburnya masih kurang lama, tapi ada bagusnya juga sih kalo kelamaan libur gue ga dapet duit haha. “de, lagi apa sih loe? Cepet turun! Ini mamah udah bikinin sarapan, kalo loe ga makan bakal ada piring-piring melayang. Mau loe?” teriak kakak gue yang bawelnya ampe mampus. “iya bawel banget sih loe, ini juga lagi otw” tiba-tiba ade gue ikutan nyerocos “loe ngapain aja sih kak? Dandan? Halooo? Sejak kapan loe jadi sekong?” “aduh, ada apa ini? Pagi-pagi kok udah pada ribut, ini rumah atau kebon binatang sih?” yaelah bokap gue ikutan nyaut “SEMBARANGAN! Udah-udah cepet makan udah gitu langsung pergi ke alamnya masing-masing, masa hari pertama masuk udah kesiangan”. Nyokap berkoar, dan ga ada yang nyerocos lagi hahaha dan akhirnya semuanya berkutat dengan sarapannya masing-masing.
            Semua orang yang merasa anaknya ibu ratu pergi tapi pamitan dulu dan ga lupa cium tangan biar barokah, termasuk papah. Tapi mamah yang cium tangan papah, kebetulan semuanya kembali ke rutinitasnya seperti biasa, kecuali mamah yang liburnya masih lama daripada kita-kita. Waktu gue ngeluarin motor dan ga sengaja nengok ke rumah sebelah, yap rumah tua yang kurang lebih 3th ga pernah diisi soalnya semua orang dirumah itu pindah ke Australia kecuali pembantunya yang masih suka bersih-bersih tapi cuma pagi doang. “udah cepet pergi nanti kamu kesiangan lagi! Jangan terus diliatin gitu dong suatu hari nanti dia akan kembali kok :) ” suara mamah ngerusak lamunan aja deh, tapi ada benernya juga sih bisa-bisa nanti gue kesiangan. “oke mam bye”.
            Akhirnya bayang-bayang itu menepi, oke kita bahas lain kali aja. Gue dan motor gue yang keren ini melaju, ya lumayan cepetlah 80km/h lagian jalanan di Bandung lagi mendukung. Mungkin gara-gara pergi pagi kali ya? Mungkin!. Nyampe di sekolah gue langsung parkirin ninja merah gue deket pos si babeh (penjaga sekolah), “beh! Titip si merah ya, tolong di jagain ya beh” “siap bos”. Ngomong-ngomong jalan sendirian di koridor gini serasa kaya orang bego ya, sekolah masih sepi tapi udah ada beberapa orang sih yang dateng. Kecuali temen-temen gue, mungkin mereka masih molor kali ya seperti biasa ga ada peningkatan. Jadi gue putusin buat jalan ke tengah lapang aja, menurut prediksi gue hari ini kayanya ga akan ada KBM  secara efektif. Males ke kelas ah, mending duduk di taman nunggu para kebo bangun dan dateng nyamperin gue.
            Di kursi taman gue baringin badan gue, gue liat ke atas. “langitnya lagi bagus, warnanya juga cerah. Warna biru!” gue ngomong sendiri. Biru? Jadi inget sesuatu, atau lebih tepatnya masa lalu 3th yang lalu. Mending gue merem aja deh refleks gue ngomong sendiri lagi, “oh Tuhan gue mohon, gue ga mau inget-inget masa lalu gue. Tolong bantu gue buat lupain semuanya Tuhan, please!” tiba-tiba temen gue dateng dan langsung negur gue, “bro! Are you ok? Masa dateng paling pagi kesekolah cuma buat galau? Come on! Musim galau hah?” kata Dafan “ngomong apasih loe? Gue masih ngantuk bro, hah galau? Ga ada ya di kamus gue, seorang Langit galau”gue ngelak dikit ga apalah “oke deh gue percaya!” dengan gayanya si Dafan yang so asik. “Fan, tumben loe udah dateng jam segini? Biasanya juga masih molor” mengalihkan suasana yang ‘krik-krik-krik-krik’ “gue masih semangat bro, soalnya dirumah gue ngebangke + ga dapet duit gue” kata Dafan “yaelah pantesan, beberapa hari lagi juga loe pasti udah ngeluh. Maleslah! Apalah ‘bla-bla-bla’ ya kan?” dan cuma nyengir kuda deh dia.
            “sttt, udah deh itu kan dahulu, hihi” elak Dafan. Setelah ngobrol panjang lebar ga jelas, ga karuan murid-murid yang lain udah pada dateng terus kita dikumpulin di lapang, di ceramahin dulu dan salam-salaman. Dan yang lebih asik lagi prediksi gue bener, hahaiii kayanya lama-lama gue bisa ngegeser para magician buat memprediksi haha CANDA deh. Temen-temen gue pada ngajak jalan kesana-kemari tapi ga mood, balik aja apa ya? Di jalan gue mikir daripada balik ga ada kerjaan yang ada dimarahin nyokap mending gue ke puncak tempat biasa nyepi (emangnya orang Bali aja yang bisa nyepi?!). Begitu nyampe sana gue langsung ke gubuk deket danau, udah agak reot sih tapi buat gue tempat ini banyak banget kenangannya. Gue rebahan di gubuk yang udah ga ada atapnya itu yang langsung tertuju ke langit yang warnanya biru cerah, gue jadi inget dulu pernah ada yang bilang “LANGIT itu BIRU dan BIRU itu LANGIT :)” dulu dia ngomong itu dengan wajah yang sumbringah dan mata yang berbinar-binar. Andai gue bisa denger dia ngomong itu lagi buat gue. Haha jangan ngayal loe Ngit, semua kenangan itu tiba-tiba muncul lagi.
                                                                              *****
            “Ngit tau ga?” sambil liat keatas “apa?” tanya gue heran. “janji ya kita ga boleh pisah, ga boleh musuhan apalagi sampe lupa satu sama lain.” “kenapa emangnya Ru?” gue makin heran sama keadaan sekarang “emang kamu mau kita pisah Ngit?” dia menatapku tajam “ya engga dong Ru, aku mau kita selalu bersama. Aku ga akan pernah mau pisah sama kamu Ru” “oke janji ya, kita ga akan bisa terpisahkan. Kalo ada yang tanya kenapa, karena ‘Langit itu Biru dan Biru itu Langit :)’ okke.” Gue cuma senyum, kita berdua sama-sama ketawa bahagia. Saat itulah hari yang paling bahagia menurut gue, kita janji kelingking dan bikin ikrar yang wajib ditepatin satu sama lain. Tapi nyatanya semua tinggal kenangan, gue dengan hidup gue kini dan dia dengan hidupnya yang ga gue tau bahkan ga pernah gue tau.
            3th  yang lalu tepatnya semua itu terjadi di gubuk tua ini, kemana-mana kita selalu berdua sebelum Biru nemuin orang yang menurut dia tepat buat dia. SEMESTA, yup! Nama cowok yang udah berani-beraninya bikin gue sama Biru jauh, bahkan lebih jauh dari Sabang sampai Marauke. Smp kelas 2, awal mulanya semua hancur setelah gue sama Biru bikin ikrar yang cuma ikrar, ikrar ga guna SAMPAH!. Gue sama Biru udah temenan dari TK biar kita ga se SD tapi kita ditemuin lagi di SMP tapi beda kelas, udah rumah tetanggaan, se TK terus se SMP pulang pergi bareng, kemana-mana bareng, apa-apa berdua. Tapi waktu di kelas 2 ada murid baru namanya Semesta, dia murid pindahan dari Jakarta. Awalnya kita deket yang tadinya cuma gue sama Biru aja sekarang nambah satu orang lagi, ya selagi cocok dan ga ngeganggu oke-oke aja sih ya. Tapi lama-lama gue liat dia makin deket aja sama Biru bahkan posisi gue aja di ambil alih sama dia, yang dulu apa-apa gue sekarang apa-apa Semesta -­_-”.
            Sampe beberapa bulan kemudian menjelang kenaikan kelas gue di samperin sama Biru ke rumah, mukanya keliatan bahagia banget dia nyubit-nyubitin pipi gue terus ngomong, “Langiiiit.... hari ini gue mau bikin pengakuan!” disini gue kaget banget ada apa sama Biru, untuk pertama kalinya dia ngobrol sama gue pake ‘loe-gue’ biasanya juga ‘aku-kamu’, “apa?” tanya gue “sekitar sebulan yang lalu gue ditembak dong sama Semesta, dan gue terima dia terus hari ini tuh sebulanan gue sama dia :)” udah sebulanan dan dia baru ngasih tau gue sekarang, “kok ga mati sih? Kan udah di tembak” muka gue makin lama makin suram, apalagi waktu Biru nyatain diri ke gue ‘gue udah punya pacar loh, udah sebulanan lagi’ ya secara ga langsung sih. “please deh Ngit gue serius” “oke gue percaya” daripada gue garing ngomong ‘aku-kamu’ ya udah gue ikutin omongan dia ‘gue-loe’ tapi disitu muka dia mulai keliatan BT ga se ceria tadi. “Ngit, kok loe ngomong gue-loe sih” “karena loe mulai ngomong gitu duluan, daripada disangka gue so akrab sama loe mending gue ikutin apa yang loe omongin.”
            “tapi Mesta bilang gue ga boleh ngomong aku-kamu selain ke dia aja” “ok” jawab gue singkat,  mulai dari sekarang gue ga akan banyak omong cukup iya dan iya aja kalo Biru ngomong dan cukup tau aja ya gue udah di boongin sebulan man, sebulan!. Tiap gue bareng sama Biru selalu yang dia bahas Semesta, mesta inilah mesta itulah apa-apa mesta. Sampe suatu sore di gubuk tempat kita ngucapin ikrar bullshit itu Biru cerita sama gue, “Ngit tau ga? Mesta tuh ya tau semuanya soal gue bahkan sampe hal yang paling mendetail pun dia tau loh! Kayanya gue ga salah deh ngambil keputusan buat jadian sama dia. Dia tuh bisa ngertiin gue, semua tentang gue, dia orang yang selama ini gue cari, gue harap dia bisa terus ada di samping gue sampe kapanpun. Gue ga mau sampe kita musuhan apalagi sampe lupa satu sama lain, pokoknya gue sama Mesta itu ga akan bisa terpisahkan. Karena Semesta itu Biru dan Biru itu Semesta, iya ga?” sambil nyenggol gue, tapi disitu gue cuma diem dan senyum basi aja. Apa yang barusan dia bilang itu pernah gue denger sebelumnya, sebelum gue dan Biru kenal sama yang namanya SEMESTA, disini! Di tempat ini! Dia ngucapin hal yang sama tapi buat orang yang beda.
            Biru masih nyerocos ga jelas, tapi gue ga nanggepin apa yang dia omongin. Gue liat kedepan, ke danau tepatnya sambil ngedumel sendiri ‘sebodoh apa sih loe Ru? Apa loe ga punya kata-kata lain selain itu  "Langit itu Biru dan Biru itu Langit" tapi sekarang loe ilangin kata LANGIT  terus loe ganti sama kata SEMESTA. Huh! TOLOL! TOLOL banget loe Ru! Apa loe udah buta atau emang selama ini gue ga loe anggap ada? Apa loe cuma nganggep gue ganjelan aja? Setelah bertahun-tahun kita temenan ngadepin semua masalah ini bareng-bareng. Dari ketawa bareng sampe galau bareng-bareng, sekarang loe maen lepehin gue gini aja, loe tendang gue, loe buang gue setelah loe punya Semesta yang baru loe kenal. GOBLOK!’ semua unek-unek itu cuma gue simpen sendiri di hati gue, gue udah ga kuat nahan semua amarah gue, mata gue aja sampe berkaca-kaca tapi tiba-tiba Biru negur, “Ngit loe kenapa? Dari tadi diem aja, terus mata loe...?” sebelum dia ngelanjutin omongannya gue langsung bantah “gue sakit mata Ru, iritasi mungkin. Jadi bawaannya berair mulu. Eh gue balik duluan ya, takutnya mata gue makin parah, ga apa-apa ya loe gue tinggal” tanpa pikir panjang lagi gue langsung pergi.
            ‘gue ga boleh nangis, masa gue nangis cuma buat hal yang ga guna kaya gini’ gerutu gue sepanjang jalan. Gue ga langsung pulang, gue pergi ke arena tinju. Disana gue lampiasin semuanya, semua rasa kesel gue sama keadaan ini. ‘gue benci sama keadaan, keadaan yang bikin gue kaya gini. LEMAH! BANCI!’ Samsak tinju itu jadi pelampiasan buat gue, setelah semua amarah gue sedikit tersalurkan gue bersih-bersih dan balik. ‘Ru, andai loe tau perasaan gue Ru! Tapi gue ga mau ganggu semua kesenangan loe sama pacar loe. Mulai dari sekarang gue akan ngehargain keadaan, walaupun keadaan yang bikin kita kaya gini HANCUR! Biarinlah keadaan ini misahin kita, tapi jauh di lubuk hati gue, gue akan tetep cinta sama loe Ru. Semoga loe bisa bahagia sama pacar loe Ru, gue akan selalu ngedo’ain yang terbaik buat loe’ gerutu gue lagi di sepanjang perjalanan pulang. Nyampe di rumah, gue ga mau liat ke rumah yang di pinggir rumah gue, karena gue mau coba buat lupain apa yang terjadi hari ini sama gue. Masuk rumah langsung masuk kamar dan berusaha buat tidur, ga ada basa-basi sama orang rumah.
            “Ngit? Ada apa sayang? Cerita dong sama mamah kalo ada masalah” mamah masuk kamar dan negur “aku ga kenapa-napa kok mam, cuma agak cape aja tadi abis tinju bareng temen :)” perasaan nyokap gue ga akan pernah bisa diboongin, mau gue ngibul sejago apapun mamah tetep aja tau gue lagi ada masalah “yaudah kalo emang ga mau cerita sekarang, tapi kalo udah siap buat cerita mamah selalu siap buat tampung semua isi hati jagoan mamah ini.” “ok mam :)” nyokap keluar dan sekarang kakak gue yang masuk kamar gue. “are u ok?” “absolutely kak :)” “syukur deh, oh iya tadi Biru kesini dia nanyain loe katanya di sms ga nyampe di tlp juga ga diangkat, jadi dia nyamperin kesini. Loe bilang mau langsung pulang gara-gara mata loe iritasi tapi loe ga langsung pulang dan kayanya mata loe ga kenapa-napa, darimana dulu loe de? Kalo emang loe ada masalah loe cerita aja sama gue, jangan simpen rasa sakit loe sendiri ntar nyesek loh!” ceramahnya panjang lebar, “iya kakak gue yang paling cantik se taman safari, gue ga keluyuran kemana-mana kok cuma ke arena tinju. Iya tadi kayanya kemasukan debu tapi sekarang udah ga apa-apa kok.” “idihhh.... oke-oke tapi lain kali hp aktifin ya :)” “sip :)
            Udah kakak gue yang bawel itu keluar langsung gue tutup pintu kamar dan tidur deh, sebelum tidur gue berdo’a dulu “ya Tuhan, buatlah keadaan ini menjadi lebih baik, Amin.” Gue langsung merem dan berusaha tidur. Pagi-paginya waktu gue mau pergi sekolah, motor udah di keluarin dan tiba-tiba Biru manggil, “Ngit tunggu, nebeng dong!” “loe ga dijemput pacar loe?” tanya gue ketus tanpa nyebut namanya, ga sudi gue nyebut namanya “ngga, katanya dia mau nganter mamahnya dulu terus kesekolahnya agak telat gitu., jadi gue nebeng loe boleh kan?” dengan polosnya loe ngomong kaya gitu? Heuh! Apa loe pikir gue penampungan yang selalu dengan mudahnya loe datengin gue kalo udah ga ada tempat lain yang bisa loe datengin! Gue udah terlalu jengkel sama sikap Biru yang dengan mudahnya dateng kalo lagi butuh dan pergi kalo udah ada yang lain. “sorry Ru gue ga bisa nebengin loe, pagi ini gue udah janji pergi bareng Alfa temen sekelas gue. Sorry ya, gue duluan!” padahal sih ga pernah tuh gue janji pergi bareng Alfa, tapi gue males bareng sama Biru bisa-bisa ada perang dingin antara gue sama cowoknya Biru. Males gue berurusan sama dia, buat ngeliatnya aja ga sudi apalagi berantem pasti sentuhan kan bisa najis mugaladah gue.
            Supaya Biru ga curiga gue langsung pergi ninggalin dia, dia cuma benggong aja sih biasanya kan apapun yang dia minta dari gue ga pernah gue tolak (kalo masih wajar) apalagi cuma nebengin dia kesekolah. Dulu tiap hari ga ada hari tanpa kita berdua bareng-bareng, tapi sekarang ga lagi dia lebih banyak ngabisin waktu sama pacarnya.
LANGIT : “gue  di depan rumah loe  Al, keluar sekarang  juga!”
ALFA : “HAH?! Ngapain loe? Jemput gue ? ckck. Gue  ga nyangka ternyata   loe... wkwkw”
LANGIT : “NGACO LOE!!! CEPET KELUAR ATAU GUE TERIAK ‘ALFA MAHO!!!!’.” 
ALFA : “anjiiir maenanya banci, oke gue keluar sekarang!”
           “ngapain loe jam segini ke rumah gue hah? Naksir loe sama gue? Gue normal Ngit, ga usah loe jemput-jemput, gue bukan anak mamih!” si Alfa keluar dengan jampe-jampe mautnya dia, bawelnya ampe mampus lebih-lebih dari kakak gue. “heh ngaco! Gue juga normal bro! Loe pikir gue mau jemput loe? Ngga!!! Ini tuh gara-gara si Biru mau nebeng motor gue jadi gue bilang gue bareng sama loe, daripada dia curiga mending gue nyamperin loe kesini. Jadi jangan mikir yang engga-engga loe.” Ga kalah bawelnya gue jelasin panjang lebar sama si maho sampe mulut gue berbusa juga kalo gue debat ga akan ada akhirnya. “oh gitu, gue kira kenapa jadi merindingkan bulu kuduk gue, loe tiba-tiba so baik gitu sama gue. Kenapa loe ga nebengin dia? Biasanya juga kesana-kemari, wara-wiri sana-sini bareng sama dia ga lepas kaya gula dan semut.” Ini orang kebanyakan nanya, kalo gue terus ngeladenin dia bisa kesiangan gue ke sekolah, “loe mau terus ngobrol disini hah? Kalo gitu gue pergi sendiri aja kali ya” dengan gaya gue yang so cool tapi ketusnya minta ampun. “okokok wait.” Dengan gayanya yang so sibuk ga jelas padahal cuma naik motor aja.
             Dijalan gue tancap gas sampe 80km/h atau lebih mungkin, ga mau banyak omong gue masalah apapun apalagi masalah yang menurut gue privasi ke orang-orang yang belum bisa gue percaya atau orang-orang yang menurut gue ga akan bisa buat gue percaya lagi. Nyampe di sekolah gue langsung parkir di tempat biasa, sekolah ramenya udah luar biasa. Guru-guru juga udah pada berdiri di depan gerbang soalnya bentar lagi itu gerbang bakal di tutup dan siapapun yang mau masuk sini bokap nyokapnya harus tanda tangan pernyataan kalo anaknya ga akan kesiangan lagi, ribet banget kan sekolah gue? Yup! Tapi disinilah gue sekolah. Begitu nyampe kelas bel baru bunyi ga lama dari itu guru-guru udah bertebaran dimana-mana, kepala sekolah juga patroli sana-sini. Tapi yang paling males kalo kelas ketauan kosong ga ada guru sama kepala sekolah langsung dia isi, dan cuma ngobrol ngaler ngidul ga jelas juntrungannya yang pasti bikin semua murid ngantuk dan murid ceweknya bolak-balik wc padahal ga ngapa-ngapain. Setelah kepala sekolah berlalu dateng deh Bu Ros, guru matematika yang super duper WOW yang kalo ketemu terus ngucapin salam jangan harep bakal dia jawab.
            “selamat pagi anak-anak!” kata si ibu dengan gaya khasnya “pagi buu!” serentak anak-anak jawab salam guru kita ini, “oke kumpulkan PR kalian dan buka paket hal 333, setelah saya terangkan kalian kerjakan latihannya 1-10 di buku latihan dan langsung kumpulkan kedepan. Bagi siapa yang terlambat atau tidak mengumpulkan, salin kembali soal, cara, dan jawabannya di kertas polio sebanyak 5 lembar pulang sekolah harus sudah ada di atas meja saya kalo ada yang melanggar kalian akan dapat konsekwensi yang lebih dari ini. Mengerti!” setelah selesai nyerocos semua murid langsung ngumpulin tugasnya, ga ada yang telat bahkan yang pernah telat soalnya suka dikasih ++ yaitu omelan, males banget kan jadi mending ngerjain. Bu Ros pun nerangin bla bla bla udah gitu kita langsung ngerjain tugas-tugasnya dan juga langsung dikumpulin tanpa terkecuali. Pelajaran Bu Ros yang berlangsung cepat dan melelahkan itu beres, tiap pelajaran si ibu semua murid kaya lagi lari maraton yang dikejar-kejar waktu. Selesai matematika datanglah kimia ya ga terlalu cape, terlalu nyantai juga ngga biasa-biasa aja soalnya gurunya asik dan ga ngebosenin jadi semuanya berjalan lancar.
            Istirahat gue ga keluar kelas, gue lebih milih tidur di kelas soalnya masih kerasa cape abis tinju tadi malem dan ga disangka-sangka gue kedatangan tamu istimewa. “Langit!!! Mau loe apasih? Ngebiarin cewek pergi sendirian sementara loe pergi sama temen loe yang ga berguna itu.” Teriaknya lantang so paling berkuasa gue cuma diem aja sih, ngapain gue ngeladenin banci kaya dia tapi gue ga terima kalo dia bilang temen gue ga berguna, temen gue tuh berguna banget bahkan lebih berguna dari panci serbaguna. Gue berdiri tepat di depan dia mungkin cuma kehalang jarak satu jengkal doang, berhubung gue sama dia tigginya sejajar gue liatin matanya dengan senyum sinis andalan gue, “apa? Apa maksud loe gue ga ngerti? Cewek? Cewek yang mana yang loe maksud? Ga berguna siapa yang ga berguna? LOE?” so cuek dan pura-pura ga peduli, “Biru! Apa maksud loe nolak nebengin dia? Ngakunya sahabatan tapi kok kaya gini, udah ga butuh sahabat kecil loe itu, hah? Udah punya temen baru ya? Temen-temen loe yang ga berguna itu!” gaya dia yang so asik itu yang bikin gue JIJIK sama kelakuannya, so nunjuk-nunjuk sambil mlotot-mlotot padahal mata aja kredit buat melek aja ga bisa.
            “gue? Kenapa mesti gue yang nganterin dia kesekolah? Sahabat? Mmm, mungkin bukan sekarang. Bukan gue yang ga butuh dia tapi dia yang udah ga butuh gue! Sssttt, jaga ya omongan loe mereka temen-temen gue yang sangat berarti, yang ada buat gue di posisi apapun gue .” masih nyantai sih gue nanggepin dia, ga usah pake urat. Kalo gue sekalinya pake urat bisa berabe nih orang, lagian gue ga mau kalo sampe disidang guru-guru killer. “alah loe itu kacang yang lupa kulitnya. Hahaha, so puitis loe ya ngebelain temen baru daripada temen lama yang udah jelas.” “suka-suka loe deh!” gue kasih sedikit senyuman buat dia “denger ya LANGIT!!! Jangan harap bakal ada lagi perkataan Langit itu Biru dan Biru itu Langit tapi sekarang kata LANGIT ga akan pernah ada lagi di ganti sama kata SEMESTA hahaha.” Perduli apa gue sama omongan dia, orang gue udah tau sebelum dia ngomong, jadi ga penting gue tanggepin. Ternyata diluar anak-anak pada nontonin cekcok gue sama cowok ini, termasuk Biru. Gue ga peduli mau dia ngebelain gue atau pacarnya, ga penting buat gue semuanya udah basi. Apapun yang basi ga akan mungkin bisa dibikin ga basi lagi, mustahil! Tarnyata Biru pergi ninggalin keramaian yang disusul sama cowok yang so jagoan tadi.
            Setelah mereka pergi, giliran gue yang di kerumunin sama temen-temen gue mereka nanya banyak hal, panjang lebar tapi ga ada yang gue jawab satu orangpun. Sampe berminggu-minggu kayanya udah pada lupa sama kejadian waktu itu dan hari inilah ujian kenaikan kelas, gue udah belajar mati-matian biar gue ga ngecewain orangtua gue. Gue mau liat mereka bangga karena kerja keras gue buat dapetin nilai yang sangat amat memuaskan. Sampe akhirnya ujianpun berlalu dan ga kerasa sekarang gue udah kls 3, menurut gue ini akhir yang akan melelahkan. Akhir penantian dari masa-masa smp gue, gue harus belajar sungguh-sungguh biar gue bisa masuk SMA yang gue mau. Setelah kejadian gue sama pacarnya, Biru ga pernah ada kabar lagi bahkan batang idungnya aja ga pernah keliatan. Kabar terakhir yang gue denger Biru cekcok sama pacarnya dan akhirnya putus, ya bodo amat sih semua keputusan dia yang buat dan dia juga yang harus tanggung resikonya. Masa-masa UN udah berakhir dan ada temennya Biru yang nyamperin gue waktu perpisahan sekolah.
            “Ngit, ada surat nih buat loe?” “buat gue? Dari siapa Ra?” “dari Biru” mukanya agak nunduk waktu dia ngomong kata Biru “ngapain ngirim surat segala? Birunya kemana?” tanya gue heran, ngapain satu sekolah kok kirim surat segala. Yaudah deh gue buka surat dari dia dan ternyata isinya;
“Langit, aku mau minta maaf ya. Aku udah salah, aku udah ngambil keputusan yang salah, aku udah salah langkah. Ternyata Semesta itu cuma  mainin aku, cuma jadiin aku bahan lelucon sama temen-temennya dan yang lebih nyakitin lagi, dia tuh jadiin aku pacarnya yang ketiga, aku sedih banget Ngit, aku terlalu percaya sama semua omongannya :( . Dan satu lagi, aku udah tau semuanya kalo selama ini kamu selalu merhatiin aku, kamu yang tau aku apa adanya, kamu yang tau semua tentang aku dan kamu yang selalu sayang sama aku. Aku terlalu bodoh Ngit, aku terlalu terbuai sama omongan Semesta, aku ga nyadar kalo selama ini ada kamu yang selalu ada buat aku, yang bisa nerima aku apa adanya. Maafin aku ya Langit, sumpah aku nyesel, nyesel banget. Kalo kamu tanya kenapa aku ga pernah negur kamu semenjak kejadian kamu cekcok sama Semesta, aku malu Ngit malu banget. Terus kenapa aku kirim surat sama kamu, padahal kita satu sekolah? Mungkin ga lagi Ngit, begitu kenaikan kelas aku dan keluargaku semuanya pindah ke Australia jadi mau ga mau aku nerusin sekolah disana. Maaf ya Ngit aku ga ngomong langsung sama kamu, aku tau aku banyak salah sama kamu, aku terlalu bodoh buat nyadarin diri aku kalo kamu emang yang terbaik buat aku. Maaf ya Ngit maaf banget.”
                                                                                                                                BIRU~  
Surat ini bikin gue shock, sedih, marah, terharu pokoknya campur aduk ga karuan. Tapi gue ga akan buat masalah ini makin runyam, gue bakal anggap semua masalah ini angin lalu. Soalnya kalo gue inget-inget terus semua ini gue ga akan pernah bisa bangkit dari keterpurukan dan itu sama aja gue nyiksa diri gue sendiri.
                                                                                  *****
            Huh! Ga kerasa gue udah seharian di gubuk ini, matahari udah mulai pergi dan gue harus cepet balik kalo ga nyokap bokap, kakak sama ade gue bisa ngomel-ngomel. Akhirnya gue ninggalin gubuk tua itu dengan senyuman soalnya gubuk itu udah ngingetin semuanya termasuk udah bikin kenangan gue balik lagi. Nyampe depan rumah gue ga langsung masuk, gue liatin rumah sebelah “masih tetep sepi ga ada yang berubah dari 3th yang lalu, semuanya sama aja.” Tiba-tiba ade gue teriak, “kak? Itu loe kan yang di luar? Loe udah balik? Cepet masuk udara diluar dingin” “iya bentar lagi de” jawab gue lemes dan kakak gue ikutan nyaut, “cepet masuk loe de, jangan diluar dingin!” “iya gue masuk nih”. Begitu masuk rumah orang rumah pada ngeliatin gue dengan tatapan tajam, berasa kaya yang lagi di eksekusi tau ga. “darimana Ngit? Dari gubuk tua itu lagi? Udah jangan terus-terusan dipikirin, takutnya jadi beban nantinya” nyokap nasehatin gue dengan lemah lembutnya. “iya loe harus jaga kesehatan de, jangan suka keluyuran. Apalagi sampe ke puncak. Disana kan udaranya dingin.” Kakak gue ikutan nyeramahin, “iya kak mana hp jarang di aktifin lagi, jangan gitu dong bikin cemas aja tau ga” ini bocah malah ikut-ikutan nasehatin.
            Semua jadi gini gara-gara akhir-akhir ini gue sering sakit-sakitan dan dokter bilang gue kena kanker otak terus hidup gue tinggal di minggu ini jadi gue harus bener-bener manfaatin minggu ini sebaik-baiknya, nyokap sempet down banget sih tapi gue ga pernah ngeliatin gue sakit walau separah apapun sakit yang gue rasa mending gue simpen sendiri. Tiba-tiba gue langsung lemes dan ga sadar apa-apa waktu gue bangun gue udah ada di rumah sakit dan semua keluarga gue ngumpul disini tapi ada seseorang yang menurut gue ga asing, ternyata itu Biru dia juga ada disini buat jagain gue. “mam, kenapa aku bisa ada disini?” tanya gue lemes ga karuan “kamu udah koma dan ga sadarkan diri selama 5 hari sayang.” Jawab nyokap gue yang ekspresi mukanya teramat sangat sedih “5 hari? Setelah dipotong kemarin berarti ini hari terakhir aku di dunia ini ya mam?” “ngomong apasih loe de? Jangan ngawur deh!” jawab kakak gue dengan mata yang berkaca-kaca hampir ngeluarin air mata dan gue juga liat disana Biru nangis. “kenapa kamu nangis Ru? Jangan nangis ya, aku udah lupain semuanya kok. Aku seneng banget di hari terakhir aku ini kamu bisa dateng kesini.” “ngomong apasih kamu Ngit? Kita bakal terus bareng-bareng sampai kapanpun. Kamu jangan ngelantur gitu dong.” “ngga, kita ga akan bisa dan ga akan pernah bisa buat terus bareng-bareng sampai kapanpun Ru.” Bantah gue tegas. “maafin aku Ngit, maaf, maaf” Biru nangis dihadapan gue dan itu bikin gue makin sakit.
            “lupain aja yang pernah terjadi dulu, dulu ya dulu sekarang ya sekarang. Mulai sekarang kita jalan masing-masing, kamu sama hidup kamu dan aku sama hidup aku.” Semua orang makin keliatan sedih dan air mata dimana-mana “mam, pah, kak, de, Ru maafin Langit ya selama ini Langit banyak salah sama kalian. Ini hari terakhir Langit liat kalian, Langit minta kalian senyum buat Langit. Langit ga mau liat orang-orang yang Langit sayang nangis, tolong doain Langit ya semuanya, juga tolong relain Langit biar Langit bisa tenang nanti disana :) ” dan semuanya ditutup oleh senyuman, ketika gue pergi ninggalin mereka, ketika gue ngehembusin nafas terakhir gue, gue liat mereka semua senyum buat gue. Makasih buat semua yang udah kalian lakuin selama ini, terutama mamah yang selalu ngedukung gue selalu ada buat gue tanpa kata ‘tapi’ tanpa ada alesan kenapa ada buat gue, yang udah tulus mencintai gue sepenuh hati makasih banyak ya semuanya. Satu lagi gue tinggalin dua note buat Biru, note terakhir yang bisa gue tulis buat dia. isinya;

                                                            For : my best friend
Aku ga peduli tentang anggapanmu kepadaku,
Aku ga butuh semua itu,
Aku ga butuh apapun dari kamu,
Aku ga butuh pujian, sanjungan apalagi penghargaan,
Tapi aku cuma mau satu hal,
Aku cuma mau kamu tau, 
kalo aku peduli sama kamu

                                                Dear Biru:
                Kau telah sia-siakan apa yang ku beri selama ini,
                Tak pernah kau hargai jerih payahku ini,
                Kini semuanya telah terjadi,
                Nasi sudah basi dan kayu pun telah menjadi abu,
 Penyesalan yang kau tinggalkan kini tak perlu kau tangisi,
Sesal dalam hati tak ada guna lagi,
Semuanya sudah terlambat,
Telah selesai semua penantianku kini,
Kini hidupku yang panjang telah berakhir, kini
Ku sudah pergi dan tak akan bisa kembali lagi.
                                LANGIT~ 

                  ~Sekian~
       

                                                                            Selasa, 28 agust-12
                                                              By: Siti Rohmah Sakinah
22 mei 1996
Jl. Cisarantenkulon rt. 01/09 kec. Arcamanik kota Bandung
                                                                                   @sitirohmahs

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hujan

Ada hari dimana hujan tak kunjung berhenti Ada juga hari dimana hujan tak kunjung datang Tapi yang pasti ada hari dimana hujan selalu dinanti, untuk menutupi raut wajah penuh dengan kesedihan

My ex-chairmate

Ini dia manusia paling konyol dan ga tau malu wkwkw *maapdith. Namanya Aliefa Edith Sabrina Harditya, dia adalah salah satu cewe kece yang ada di kelas selain itu dia adalah my ex-chairmate haha kini dia telah berselingkuh dengan Bianca yang mungkin bisa lebih memahami dia daripada aku tapi karena kepergiannya dari sisiku itulah aku jadi bisa menemukan teman sebangku yang baru yaitu Salwa hmm so far so good =))) okey saya akan menceritakan kisah-kisah lampau antara saya dan Edith dulu. Awal mula kita ketemu cuma ga sengaja mungkin ya tapi keterusan aku kira kita ga bisa dan ga akan bisa bertahan lama (sebangku) tapi nyatanya cukup lama sampai hampir kelas XI berakhir. Kita pernah berantem selama 7 hari dan yang paling lama adalah 14 hari. Sebenarnya kejadian 7 hari tanpa teguran atau apapun itu namanya, itu dimulai waktu pelajaran B.Inggris dan disitu aku agak ngadat gitu ga mau di tinggalin dia (halah-.-) udah gitu ceritanya aku pundung, ehhh tapi malah dia yang marah sama aku. K

Tuan Rumah dan Tamu

Halooooo......................................... Saya kembali dengan kasus survey-survey an saya pada orang-orang di sekitar saya. Kali topik yang saya ambil mengenai "Tuan Rumah dan Tamu....(1)...(2)" Maksudnya apa Tuan Rumah dan Tamu itu...?   Kita misalkan : Tuan Rumah adalah seorang laki-laki                           Tamu...(1) adalah perempuan pertama yang datang                           Tamu...(2) adalah perempuan kedua yang datang                           Rumah adalah ruang hati atau hidupnya #tsaahh Diketahui       : Lelaki tersebut mempunyai hubungan dengan tamu(1) / komitmenan                          tetapi dia juga dekat dengan tamu(2) yang membuat ada percikan rasa pada tamu(2) Ditanyakan    : Siapa yang salah dan harus bagaimana? Pertanyaan formal : 1.       Pendapat kamu tentang org ketiga dalam hubungn org itu gimana? 2.       Kalo kaya gayung bersambut jadi kalo cowoknya udah punya cewek terus deket sama cewek lain